Asal Usul Pembuatan Film Kartun Captain Tsubasa

captain_tsubasa

Anak yang lahir tahun 90 an seperti saya siapa yang tak mengenal film kartun Captain Tsubasa?

Film Kartun yang menceritakan seorang anak kecil yang hobi bermain sepakbola ini sangat terkenal sekali. Bahkan pesepak bola professional seperti Fernando Torres saja mengidolakan film kartun Captain Tsubasa.

Namun ada kisah sejarah yang membuat saya sebagai penulis kagum atas asal muasal pembuat film kartun captain Tsubasa ini.

Mau tau asal muasal atau cikal bakal pembuatan Film kartun Captain Tsubasa ini?

Berikut adalah ceritanya…

 

Pada tahun 1970-1980 pemerintah Jepang dikala itu memiliki impian besar, kalau timnas Jepang harus Juara Dunia 20 tahun kemudian. (berarti pada Piala Dunia Edisi 1998 atau 2002 Jepang Harus Juara Dunia).

Di tahun 1970-1980 Jepang masih kesulitan untuk menembus even Piala Dunia seperti Indonesia (dalam arti kata masih selevel dengan timnas Indonesia).

Kemudian pemerintah Jepang mati-matian bekerja keras untuk membangun impianya mulai dari Infrastruktur, Membuat Kompetisi yang berkualitas di seluruh pelosok Jepang, Serta dukungan untuk pemainnya, Hingga pengajuan tuan rumah Piala Dunia, dan yang paling mengagumkan buat gw adalah mencuci otak bocah-bocah Jepang sejak masih taman kanak-kanak.
Inilah cikal-bakal mulanya Film Captain Tsubasa dibuat. Komik manga pertama di sebarkan pada tahun 1981 Di Negeri Sakura tersebut. Hingga akhir nya dibuatlah Anime television series yang disiarkan pada tahun 1983 di Jepang.

Satu kaki impian nya mau terwujud, Jepang akhir nya masuk Piala Dunia untuk yang pertama kalinya sepanjang sejarah persepakbolaan mereka di edisi 1998 (meski pada akhirnya hanya menjadi Juru Kunci di Group H).
Impian Jepang Hampir terwujud, Pada 2002 mereka menjadi Tuan rumah (Ini adalah planing 20 tahun lebih lamanya dengan kerja keras dan totalitas dari semua pihak, dan bukan hanya sekedar membalikan telapak tangan), Sayang di 16 besar mereka harus kandas dari Turki Dan harus mengakui negara tetangga lebih baik yaitu “Korea Selatan”.

Apakah Jepang gagal dalam mewujudkan impiannya tersebut? “Tidak”

Pada tahun 2011 publik Dunia dikejutkan dengan Timnas Sepak Bola Wanita Negeri Sakura tersebut. Mereka menjadi juara dunia dan satu-satu nya negara Asia yang pernah mencicipi gelar juara Dunia di salah satu turnamen FIFA paling besar didunia ini.

Pelajaran yg harus diambil adalah, secara sesuatunya gak ada yg terjadi secara Instan dan Kebetulan, bahkan sampai harus menanamkan (cuci otak) ke bocah2 sedini mungkin secara berkesinambungan, dengan hal-hal yg baik tentunya.

Kisah ini gak jauh beda dengan pembangunan La Masia oleh Johan Cruyff, yang melahirkan Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Sergio Busquets dan masih banyak lagi hingga Yg paling Fenomenal Lionel Messi.

Kadang klo gw mau ngomong apa yang harus dibenahi, gw sendiri juga bingung.
Cuci Otak Rezim 32 tahun tertanam dan ngakar kuat banget. Mau mulai dari mana?, apa yang harus dilakukan? dan apa yg harus dibenahi? gw juga bingung.

Orang yg ky begitu aja “ER” bisa jadi Jendral, Ketum PSSI, dan Gubernur. gw gak abis pikir orang2 di Indonesia yg menguji dia itu kualitas dan Attitude nya seperti apa….????

Indonesia oh Indonesia…..
Terkadang saya berpikir mau pindah warga negara tapi saya tidak tega menghianati Ibu kandung Pertiwi di negeri ini… Dan saya berpikir jika semua orang yang berkualitas pindah warga negara, Indonesia mau jadi apa???

Ya Allah Lindungi lah Orang-orang baik yang tidak bersalah. Aamiin….

 

#PSSI #PSSIbisaapa? #PSSIbisaapa #PSSIbisaapajilid2 #PSSIbisaapajilid3 #CaptainTsubasa #Anime #Tsubasa

Tinggalkan komentar